Manfaat Salak

salak-snake-fruitMasyarakat Indonesia pasti sudah mengenal buah salak. Karena buah salak  merupakan buah asli Indonesia dan bagian Pasifik Selatan. Salak mudah sekali kita temui, mulai dari dijual di pinggir jalan, pasar tradisional, hingga mall besar. Salak juga  terkenal mempunyai banyak jenis seperti salak pondoh, salak madu, salak condet, dan salak Bali dan juga tidak mengenal musim.
Buah Salak yang memiliki rasa asam, manis dan teksturnya mirip dengan apel ini, menurut beberapa penelitian mempunyai khasiat untuk meningkatkan daya ingat, meningkatkan energi dan  membantu upaya penurunan berat badan. Salak juga bisa mengoptimalkan pencernaan, menjaga kesehatan jantung, serta menjaga kesehatan mata.
Berikut ini beberapa manfaat buah salak untuk kesehatan:
  1. Vitamin C,  jika mengkonsumsi 100 gram buah salak, tubuh akan mendapat 10% kandungan vitamin C yang sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh terhadap virus. Dengan vitamin C yang cukup,  akan berdampak untuk kesehatan kulit. Elastisitas dan kecerahan rona kulit pun akan terjaga.
  2. Antioksidan, salak mengandung betakaroten yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan. Ini berdampak signifikan bagi tubuh seperti penangkal virus, melawan pertumbuhan sel kanker, juga mencegah penuaan dini akibat radikal bebas.
  3. Sebagai makanan pendamping diet, tekstur buah salak dengan serat yang padat dapat memberikan efek kenyang. Oleh karena itu salak bisa jadi alternatif untuk menjalankan program diet. Tapi perlu diingat, untuk mengkonsumsi salak dengan porsi yang wajar dan harus diimbangi dengan sumber nutrisi lainnya.
  4. Baik untuk tulang, banyak yang beranggapan kalsium hanya didapatkan dari susu saja. Padahal salak juga bermanfaat untuk kesehatan tulang. Karena buah salak juga mengandung kalsium yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian.
  5. Mangobati sembelit, banyak yang beranggapan jika memakan buah salak akan menyebabkan sembelit. Ternyata itu memang bisa terjadi karena tekstur buah yang padat, yang jika banyak dikonsumsi tanpa diimbangi makanan sehat lainnya. Akan tetapi jika dikonsumsi dengan kulit arinya, manfaat salak akan terasa dan tidak akan menyebabkan sembelit.
Sumber : Antvklik.com
Iklan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.