Kutu Air

Rasa gatal dan perih karena kutu air sangat membuat tidak nyaman, terutama pada orang yang aktif. Menjaga kaki tetap kering dengan sering mengganti kaos kaki dan menggunakan sepatu yang tidak tertutup adalah langkah sederhana mencegah kutu air.

Kutu air dapat terjadi pada siapa saja dan umumnya dikarenakan oleh infeksi jamur. Rasa gatal, sensasi seperti terbakar dan kulit seperti mengelupas biasanya adalah gejala yang ditimbulkan oleh kutu air. Tinea pedis atau Athlete’s foot merupakan sebutan lain untuk kutu air.

Cara Jamur Kutu Air Menyebar
Jamur masuk ke tubuh melalui celah-celah kecil pada kulit. Kaki dapat secara tidak sengaja menyentuh jamur saat berada ditempat umum atau menyentuh seseorang yang memiliki kutu air. Hal ini dapat kemungkinan terjadi saat berada di ruang ganti, ruang ganti atau kolam renang umum.

Beberapa orang memiliki resiko lebih besar mengalami kutu air. Apakah faktor yang meningkatkannya?

  • Pria memiliki resiko lebih tinggi mengalami kutu air
  • Seseorang yang menggunakan sepatu tertutup dan kaos kaki secara rutin
  • Berbagi handuk, sepatu atau kasur dengan seseorang yang memiliki infeksi jamur
  • Berjalan di tempat umum tanpa menggunakan alas kaki.

Cara Mudah Mencegah Kutu Air
Beberapa langkah mudah dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kutu air, seperti:

  • Selalu menggunakan alas kaki, Jamur penyebab kutu air dapat berada di lantai sehingga penting untuk selalu menggunakan alas kaki dimanapun. Terutama jika menggunakan kamar mandi di tempat umum.
  • Menjaga kaki tetap kering, Jamur dapat bertumbuh subur di daerah yang hangat dan lembab seperti ketika kaki menggunakan sepatu yang tertutup. Penggunaan kaos kaki dan sepatu sepanjang hari dapat menyebabkan kaki menjadi berkeringat dan lembab dalam waktu yang lama. Gunakan sepatu yang terbuka atau membawa cadangan kaos kaki. Sehingga dapat membantu kaki tetap kering.
  • Menjaga kebersihan kaki, Mencuci kaki setiap hari dengan sabun dan mengeringkannya merupakan salah satu pencegahan kutu air.
  • Jenis Kaos Kaki, Pilih kaos kaki yang cepat menyerap keringat dan cepat kering. Mengganti kaos kaki setiap hari atau lebih sering juga dapat mencegah kutu air.
  • Menjaga kelembapan sepatu, Pastikan sepatu yang digunakan dalam kondisi kering. Letakkan sepatu pada ruangan terbuka atau dikeringkan setelah digunakan.
  • Jangan berbagi penggunaan handuk atau sepatu dengan orang lain, terutama jika mereka memiliki kutu air.
  • Gunakan bedak antijamur setiap hari untuk melindungi kaki.
  • Apakah Tempat Pedicure Aman dari Kutu Air?, Tempat perawatan untuk pedicure kemungkinan aman dari kutu air. Namun tetaplah berhati-hati, pilihlah tempat perawatan yang sudah terjamin kebersihannya.

sumber : vivahealth.com

Iklan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.