Sariawan

Kita sering mengalami sariawan yang sangat mengganggu aktivitas, mulai dari rasa sakit ketika makan dan minum, hingga rasa sakit ketika menggosok gigi. Sariawan biasanya muncul tiga atau empat kali setahun dan bertahan hingga satu minggu. Sariawan biasanya terjadi pada orang yang berusia 10 hingga 20 tahun.

Apa Penyebab Sariawan?

Penyebab pasti kebanyakan sariawan tidak diketahui. Stres atau cedera jaringan dianggap sebagai penyebab sariawan paling sederhana. Selain itu, sariawan kadang muncul karena permukaan gigi yang tajam atau kawat gigi atau gigi palsu yang tidak pas. Beberapa kasus sariawan kompleks disebabkan oleh kondisi kesehatan, seperti gangguan sistem kekebalan; masalah nutrisi, seperti vitamin B-12, seng, asam folat, atau defisiensi zat besi; atau penyakit saluran cerna, seperti penyakit celiac atau penyakit Crohn.

Bagaimana cara pengobatan sariawan?

Dalam banyak kasus, sariawan tidak memerlukan perawatan apa pun, dan tidak ada yang spesifik yang perlu Anda lakukan untuk menyingkirkan sariawan karena biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Obat rumahan dapat digunakan untuk membantu menghilangkan rasa sakit dan peradangan sariawan.

Adapun cara pengobatan sederhana sariawan adalah dengan mengaplikasikan langsung pada obat kumur dan obat oral dapat meringankan rasa sakit atau peradangan. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan meletakkan bongkahan kecil es batu di sariawan hingga meleleh, untuk menghilangkan rasa sakit.

Ketika sariawan, hindari makanan yang bersifat asam seperti buah jeruk atau makanan pedas yang dapat memperparah sakit. Sikat gigi dengan lembut dan gunakan sikat dengan bulu lembut. Gunakan pasta gigi dan obat kumur yang tidak mengandung sodium lauryl sulfate. Jika Anda kekurangan vitamin, konsumsi suplementasi seperti yang ditentukan.

Obat rumah lain adalah mencampur susu magnesium dengan cairan Benadryl dan digunakan sebagai obat kumur. Anda juga bisa mengoleskan susu magnesia langsung ke sariawan dengan kapas. Berkumur dengan larutan garam atau dengan larutan baking soda (satu sendok teh baking soda dan setengah cangkir air hangat) juga dapat mengurangi rasa sakit ketika sariawan. Selain itu, wortel, seledri, dan jus blewah juga dapat membantu.

Obat alami lainnya adalah goldenseal mouth bilas, licorice deglycyrrhizinated (DGL) berkumur dalam air hangat, dan air garam bilasan. Selain itu, cairan pelega tenggorokan dapat membantu memberikan bantuan dan mempercepat waktu penyembuhan. Jangan berikan pelega tenggorokan pada anak-anak kecil, karena mereka mungkin berisiko tersedak.

Sumber: Tirto.id

Iklan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.