Manfaat Biji Labu

Labu dapat dijadikan bahan masakan seperti sup, tumis, dan lain-lain, labu juga kaya akan berbagai nutrisi. Sebut saja vitamin A, vitamin C, magnesium, dan potasium. Tak hanya berhenti di buahnya saja, biji labu ternyata juga punya banyak manfaat menakjubkan. 

Dilansir dari klikdokter.com, berikut 4 manfaat biji labu untuk kesehatan:

  1. Membantu mencegah diabetes, berbagai nutrisi di dalam biji labu dapat membantu melindungi Anda dari diabetes tipe 2. Spesies oksigen reaktif (reactive oxygen species/ROS) di dalamnya berperan dalam menurunkan risiko diabetes. Begitu juga dengan kandungan antioksidannya. Pada sebuah percobaan, tikus yang mengidap diabetes mulai pulih setelah mengikuti diet biji labu. Tak hanya itu, biji labu juga merupakan magnesium yang baik. Studi menunjukkan bahwa setiap 100 miligram (mg) magnesium per hari, dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 sekitar 15 persen. Diketahui juga bahwa kadar magnesium yang rendah dapat merusak sekresi insulin hingga menurunkan sensitivitasnya.
  2. Memelihara kesehatan jantung dan hati, biji labu mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, antioksidan, dan serat. Omega-3 dinilai dapat menurunkan risiko trombosis dan aritmia, yang memicu serangan jantung, stroke, dan henti jantung. Selain itu, omega-3 juga dapat mengurangi risiko aterosklerosis, membantu fungsi endotelium, dan menurunkan tekanan darah. Sementara serat dalam biji labu dapat membantu menurunkan kolesterol total dan menyusutkan risiko penyakit jantung. Uji klinis juga menyimpulkan bahwa kombinasi nutrisi yang ditemukan dalam biji labu membantu melindungi sistem kardiovaskular dan mencegah penyakit jantung koroner serta diabetes tipe 2.
  3. Mengatasi insomnia, biji labu adalah sumber makanan yang kaya triptofan dan asam amino. Perlu diketahui bahwa triptofan telah digunakan untuk mengobati insomnia kronis karena tubuh mengubahnya menjadi serotonin, hormon yang diidentikkan dengan rasa tenang, dan melatonin sebagai hormon tidur. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2005 di Nutritional Neuroscience menyatakan bahwa konsumsi triptofan dari biji labu bersamaan dengan sumber karbohidrat lainnya sebanding dengan obat-obatan farmasi dalam pengobatan insomnia. Jika Anda tertarik mencobanya, konsumsilah beberapa biji labu dan sumber karbohidrat seperti sepotong buah sebelum tidur. Mudah-mudahan tidur Anda jadi nyenyak setelahnya.
  4. Menjaga kesehatan ibu hamil, biji labu adalah sumber zink yang baik sehingga baik untuk ibu hamil. Para peneliti mengatakan bahwa setiap 100 gram biji labu mengandung 7,99 mg zink. Pria dewasa berusia 19 tahun ke atas direkomendasikan mendapatkan asupan harian 11 mg, sementara 8 mg untuk wanita. WHO memperkirakan bahwa lebih dari 80 persen wanita di seluruh dunia tidak memiliki asupan zink yang memadai. Tingkat zink yang rendah dapat mengubah tingkat sirkulasi beberapa hormon yang terkait dengan kehamilan. Ahli gizi merekomendasikan tambahan zink selama kehamilan demi meningkatkan kesehatan ibu dan janin. Zink juga penting untuk menjaga kekebalan tubuh dan mencegah infeksi uterus.

Khasiat-khasiat lainnya, seperti menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan prostat, juga tak ketinggalan. Ternyata cukup banyak manfaat dari biji labu ini, anda dapat mengonsumsi biji labu sebagai camilan atau dikombinasikan dengan salad dan granola agar lebih memiliki rasa.

Iklan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.