Cara Mengatasi keputihan Dengan Bahan Alami

Saat sebelum atau sesudah haid pasti setiap wanita akan mengalami keputihan. Seperti yang dilansir dari klikdokter, keputihan adalah keluarnya cairan berupa lendir dari vagina, yang berkaitan dengan hormon kesuburan wanita (estrogen). Hal ini masih terbilang normal pada wanita yang akan menstruasi, wanita hamil, dan wanita yang memakai pil KB.

Namun, seringkali bentuknya yang kental dan lengket serta baunya yang tidak sedap cenderung membuat para wanita tak nyaman. Untuk itu anda dapat mengatasinya dengan beberapa bahan alami ini.

1. Cuka apel
Menuru penelitian, cuka apel dikenal sebagai bahan pencuci vagina dan mampu mengatasi infeksi bakteri penyebab vaginosis bakterialis, vaginitis dan kandidiasis. Cuka apel sangatlah bagus untuk menjaga keseimbangan pH pada vagina karena mengandung antispetik dan sama yang bisa menghilangkan bau tak sedap dari keputihan.

2. Plain yogurt
Yogurt dikenal mengandung bakteri lactobacillus yang tinggi, yang berkhasiat untuk menjaga pH area kewanitaan. Bakteri ini bisa mengobati infeksi jamur pada vagina yang menyebabkan keputihan.

3. Pisang
Pisang mengandung glikemik yang berfungsi sebagai pengganti gula sehari-hari. Gula dikenal dapat memicu pertumbuhan jamur penyebab keputihan, maka dari itu kamu perlu mengonsumsi pisang secara rutin.

4. Delima
Buah delima merupakan buah yang bermanfaat. Setiap bagian delima seperti akar, buah, kulit batang, bunga, dan kulit buah bagus untuk kesehatan karena mengandung saponin dan flavonoida. Buah demila seringkali dimanfaatkan untuk mengobati keputihan kaarena bisa membunuh bakteri dan infeksi jamur.

5. Cranberry
Tidak kalah dengan bahan alami lainnya, cranberry mengandung antibiotik, ani-jamur, dan antioksidan yang mencegah bakteri berkembang pada vagina sehingga bisa mengatasi masalah keputihan.

Nah, itu dia beberapa bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk mengatasi keputihan. Kamu bisa membuatnya bahan tersebut menjadi jus atau dimakan langsung. Selamat mencoba!

sumber: vemale.com

Iklan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.