Bau Mulut

Bakteri yang menyebabkan ulkus/tukak atau kanker pada perut ternyata juga dapat menyebabkan bau mulut tak sedap (halitosis), seperti yang diberitakan oleh para peneliti dari Jepang.

bau mulut, Dr. Nao Suzuki dari Fukuoka Dental College memimpin suatu penelitian yang menyelidiki hubungan antara kuman Helicobacter pylori dalam air liur penderita halitosis. H.pylori adalah bakteri yang dapat menyebabkan tukak lambung, dan pada banyak kasus juga dilaporkan bahwa bakteri ini adalah penyebab kanker lambung.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah H.pylori dapat menyebabkan bau mulut. Dilakukan pemeriksaan saliva pasien yang mengeluhkan halitosis, dan ternyata keberadaan H.pylori terdeteksi pada 6.4% pasien yang menjadi subyek penelitian. Pada pasien yang dalam liurnya terdapat H.pylori, konsentrasi gas penyebab halitosis lebih tinggi daripada pasien tanpa bakteri tersebut, demikian juga tingkat keparahan penyakit mulutnya.

H.pylori juga terdeteksi pada 15.7 % penderita periodontitis. Periodontitis adalah infeksi pada jaringan periodontal yang merupakan penyangga gigi, di mana periodontitis adalah penyebab utama dari kegoyangan dan hilangnya gigi pada orang dewasa.

Keberadaan H.pylori memang belum terbukti secara langsung menyebabkan halitosis, namun bakteri tersebut dikaitkan dengan penyakit periodontal yang dapat menjadi penyebab bau mulut.

Sumber : klikdokter.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s